Mengatasi Sifat Malas (Metode Disiplin Orang Jepang)

Bagikan Artikel Ini :

Sering banget nggak sih, pas lo nglakuin suatu pekerjaan nih, atau lo punya gools nih yang mau lo capai, rasanya tuh kayak beraat banget pas lo mau mulai ngelakuinnya, bisa jadi nih lo udah janji ke diri lo sendiri untuk mulai hari ini misalnya yaah,

Tapi eh tapi setelah lo pikir-pikir rasanya mending dilakuin besok aja deh gitu dan sayangnya nih pas besoknya lo malah bilang ah udah lusa aja deh, dan pas lusa lo bilang awal bulan aja deh biar enak, sampai pada akhirnya pekerjaan itu nggak lo kerjain sama sekali,

Nah pastinya banyak banget nih yang punya masalah kayak gini, bahkan gue sendiri juga ngerasain hal ini nih sekarang, nggak jarang kita semua nih selalu menunda-nunda pekerjaan yang sebenernya penting dalam hidup kita.

Atau biasanya juga kita semua suka mengerjakan suatu pekerjaan itu di akhir tenggang waktu yang di kasih gitu, jadinya kayak ditunda-tunda terus, entah itu nunda olahraga, nunda kerja, nunda ngerjain PR, dan lain sebagainya lah.

Padahal nih, sebenernya perilaku tersebut itu bisa di bilang nggak baik kalau keterusan dan pada akhirnya kemungkinan akan membuat hasil kerja lo jadi nggak maksimal.

Nah terus kira kira apasih penyebaba hal ini, penyebabnya harusnya ya beragam sih, tapi biasanya nih yang paling sering gue denger penyebabnya adalah rasa malas,

Gue gak tau nih udah berapa kali gue melihat di comment section banyak banget yang request tentang kak gimana nih mengatasi malas, kak gimana nih biar nggak menunda nunda pekerjaan dan lain sebagainya,

Intinya banyak banget yang stragel dengan perasaan malas, pertanyaannya ? Terus gimana dong supaya kita terhindar dari malas dan melawan kebiasaan untuk menunda-nunda.

Nah jangan khawatir lo coba baca artikel ini sampai habis karena gue bakal ngebahas tentang salah satu prinsip yang bisa lo pakai buat mengatasi dan melawan rasa malas,

Ngomong-ngomong tentang rasa malas mungkin kita perlu belajar nih dari negara yang kita tau negara ini anti banget nih dengan yang namanya rasa malas, coba lo tebak negara apa ?, yes negara jepang.

Seperti yang kita tahu jepang itu terkenal dengan etos kerjanya yang baik dan orangnya yang disiplin tapi pertanyaannya kok bisa sih sebuah negara punya budaya kayak gitu.

Nah, ternyata dari kecilnya mereka tuh udah di latih untuk punya prinsip tertentu, dilatih ngapain ?, mereka itu dilatih buat mengulang nih berbagai macam rutinitas kecil yang positif setiap harinya, dan rutinitas ini akhirnya jadi membudaya dan terus sampai mereka dewasa,

Jadinya pas udah gede nih, udah dewasa, orang orang jepang ini jadi pribadi yang disiplin dan males malesan,

Konsep tentang rutinitas ini akhirnya diberi sebuah nama tertentu apa namanya?, nah namanya adalah teknik kaizen. Apa itu kaizen ?, dari segi bahasa kaizen itu diambil dari dua suku kata yaitu kai yang artinya adalah berubah dan zen yang artinya adalah kebijaksanaan,

Dua kata ini menciptakan satu makna yang artinya adalah perubahan dalam hidup itu bisa di capai secara perlahan dan penuh kebijaksanaan,

Prinsip ini, prinsip kaizen ini juga dikenal sebagai prinsip satu menit, kenapa karena prinsip itu intinya adalah ngelatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam satu menit untuk setiap harinya, diwaktu yang sama,

Contohnya gini, jadi misalnya lo mau olahraga push up nih coba aja dengan satu menit dulu dalam sehari dan lo lakuin itu tiap hari di waktu yang sama, itu kan tadi push up nih,  kemudian lo coba belajar gitar, dengan prinsip ini lo coba main di jam 7 ya lo lakuin itu dijam 7 juga setiap harinya gitu,

Nah karena prinsip ini tuh sederhana banget, prinsip ini juga bisa lo lakuin ke berbagai macam hal lainnya misallnya membaca, menulis, ngerjain tugas, dan apapun yang lo mau lakuin,

Tapi dengan catatan gini lo harus ngelakuinnya tanpa distraksi apapun, jadi harus fokus, menariknya prinsip satu menit ini akan ngelatih diri lo untuk lebih bertanggung jawab karena ketika lo berhasil ngejalanin satu menit itu, ini akan ngebuat perasaan lo jadi lebih baik, karena lo udah ngerasa berhasil nih ngelakuin satu hal dengan tuntas,

Dan perasaan ini sense of progress ini bakal bikin lo ketagihan karena lo udah bertanggung jawab dengan satu tugas yang lo punya dan lo udah nyelesaiin tugas itu,

Jadinya kayak tadi yah, ada sense of progress dalam hidup lo dan ini bakal bikin lo ketagihan, karena bikin nagih satu menit ini juga kalau rutin nih setiap harinya biasanya bakal nambah nambah terus jadi lo bakal mulai ketagihan di hari berikutnya,

Mungkin hari pertama lo cukup dengan satu menit misal main gitar atau apa gitu ya tapi di hari selanjutnya mungkin satu menit itu jadi nambah ke lima menit dan dihari hari selanjutnya bakal nambah lagi sampai 20 menit sampai akhirnya bisa berjam-jam lo lakuin itu,

Tapi kuncinya balik lagi yaa, lo harus konsisten dan melakukannya setiap hari biar jadi apa?, biar jadi kebiasaan,

Sekilas prinsip ini terlihat memang kayak meragukan dan nggak efektif gitu, masak cuma semenit gitu kan, tapi gini, kalau usaha yang lo lakukan terlalu keras dan mungkin nggak rutin ini kemungkinan bakal ngehabisin tenaga lo gitu dan bakal ngebuat lo jadi capek, akhirnya lo jadi males, dan lama kelamaan lo bakal ngerasa bosen dan udah jadinya lo nggak rutin deh ngerjainnya,

Jadi prinsip ini sesuai definisinya ya tadi perubahan dalam hidup itu bisa di capai dalam perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan, Jadi mendingan dikit dikit aja dilakuinnya tapi rutin daripada langsung banyak banyak,

Kalua lo rutin mempelajari dan mengulang sesuatu itu setiap harinya lo bakal lebih menguasai juga pada hal yang lo pelajari, lo bakal tidak mudah lupa nih terhadap hal yang lo pelajari juga,

Hal ini pernah di teliti juga sama salah satu psikolog asal jerman yang bernama Hermann ebbinghaus, di penelitiannya dia mempelajari tentang kemampuan mengingat, jadi tentang memori, dia bilang bahwa kemampuan mengingat seseorang itu bakal menurun drastis kalau cuma dapat informasinya sekali dan banyak, apalagi kalau nggak pernah di review dan diulang lagi nih informasinya,

Tapi ada pengecualian ketika lo melakukan repetisi atau ketika lo coba mengulang kembali nih materi yang udah lo pelajari besok besoknya jadi dilakuin secara rutin, bukan akan jadi lo tambah ngerti tapi informasi yang lo simpen ke otak lo itu bakal nempel banget, jadi nggak ilang nih informasi yang lo pelajari,

Istilahnya informasi yang lo pelajari ini masuk long memori lo gitu, dan secara nggak langsung prinsip kaizen ini sebenernya sejalan banget sama apa yang ditemukan oleh Hermann ebbinghaus tadi, ketika lo mengulang satu hal secara nggak sadar hal tersebut bakal menjadi hebbit bakal masuk ke long memori lo dan lo bakal menjadi master dalam hal tersebut,

Prinsip kaizen ini juga bisa dikerjain sama siapapun dan bisa diterapkan didalam bidang kehidupan apapun, karena gampang banget kan, lo tinggal ngelongin waktu cuman satu menit setiap harinya,

Sebenernya ini sama dengan investasi, cuma investanya ke otak lo, dan otak lo bakal lebih kuat untuk mengingat suatu informasi

Seenggaknay informasi ini bisa membantu lo kurang lebihnya gua minta maaf dan selamat mencoba …

Mengatasi Sifat Malas (Metode Disiplin Orang Jepang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.